NASIONAL

Banjir Landa Aceh Singkil dan Subulussalam

"Berdasarkan data sementara ada dua kecamatan yang dilanda banjir bandang di Aceh Singkil yaitu Kecamatan Suro dan Singkohor."

Erwin Jalaludin

Aceh Singkil
Bencana banjir menerjang Desa Subulussalam Timur, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Aceh, Jumat (3/5/2024). (Foto: KBR/Erwin Jalaludin/IST)

KBR, Aceh – Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam, Provinsi Aceh hari ini (3/5/2024) dilanda banjir bandang. Banjir terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan, yang berdampak terhadap meluapnya air sungai ke pemukiman rumah penduduk.

Juru Bicara Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Rosi Kusuma Wardani mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menanggulangi dampak bencana tersebut. Terutama dalam melakukan evakuasi korban banjir yang masih terjebak dilokasi.

"Faktor dari hujan dan sampai saat ini masih hujan di Kabupaten Aceh Singkil, sehingga mengakibatkan air disungai meluap dengan ketinggian air sekitar 2 Meter. Untuk sementara Kita koordinasi dulu, pendataan serta pelaporannya,” kata Rosi menjawab KBR (3/5/2024).

Rosi menambahkan, berdasarkan data sementara ada dua kecamatan yang dilanda banjir bandang di Aceh Singkil yaitu Kecamatan Suro dan Singkohor.

Selain merendam rumah juga banjir menerjang fasilitas umum, seperti kantor pedesaan, pusat layanan kesehatan dan beberapa balai pengajian.

Jalur transportasi di Aceh Singkil mengalami lumpuh total akibat bencana alam tersebut.

Banjir di Subulussalam

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) juga mencatat banjir menerjang Desa Subulussalam Timur, Kecamatan Simpang Kiri. Banjir merendam permukiman rumah penduduk dan fasilitas umum, seperti jalan, perkantoran dan beberapa lainnya.

Belum ada laporan kerugian harta benda maupun korban jiwa akibat bencana alam banjir di Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Baca juga:

Pekerja Proyek Temukan Tulang, KontraS Desak Penghentian Sementara Pembangunan Rumoh Geudong

Seribuan Warga Aceh Terancam Gagal Gunakan Hak Pilih

Editor: Fadli

  • hak pilih Pemilu 2024
  • #kabar pemilu KBR
  • kelompok rentan
  • gangguan hak pilih
  • Lhokseumawe
  • KTP
  • Aceh
  • banjir
  • aceh singkil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!