NASIONAL

Zulhas Klaim Berhasil Stabilkan Harga Minyak Goreng Curah

"Harga eceran tertinggi Rp14.000, sebagian besar sekarang sudah di bawah Rp14.000"

Heru Haetami

Zulhas Klaim Berhasil Stabilkan Harga Minyak Goreng Curah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, saat memantau harga minyak goreng curah di Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/06/2022). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim telah menstabilkan harga sejumlah komoditas bahan pokok, salah satunya minyak goreng. Zulhas, sapaan karibnya, menyebut harga rata-rata minyak goreng curah berada di kisaran Rp14.000 per kilogram.

“Dalam bidang perdagangan dalam negeri, Kementerian Perdagangan telah berhasil menjaga stabilitas harga minyak goreng curah yang sebelumnya bergejolak kini menjadi stabil. Harga eceran tertinggi Rp14.000, sebagian besar sekarang sudah di bawah Rp14.000," kata Zulhas dalam Peresmian Pembukaan Trade Expo Indonesia Ke-37 Tahun 2022, di Kabupaten Tangerang, Rabu (19/10/2022)

Zulhas juga mengklaim harga tandan buah segar (TBS) di tingkat petani dijual Rp2000 per kilogram.

Baca juga:

Selain itu, dia memastikan minyak goreng dengan merek Minyakita sudah tersedia di 33 provinsi termasuk di Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan pantauan KBR dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga minyak goreng curah berada di kisaran Rp14.400 per kilogram.

Kenaikan harga minyak goreng sudah terjadi sejak akhir tahun lalu. Di beberapa daerah, harga minyak goreng curah bahkan sempat menembus Rp29.000 per kg. Kenaikan harga itu dibarengi dengan langkanya stok minyak goreng di pasaran.

Editor: Wahyu S.

  • harga minyak goreng
  • menteri perdagangan
  • Zulkifli Hasan
  • minyak goreng

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!