NUSANTARA

Pj Gubernur Jabar Minta Porsi Makanan untuk Jemaah Calon Haji Ditambah

"Jemaah calon haji dari Jawa Barat direncanakan berangkat perdana pada 11 Mei 2024 dari embarkasi Bekasi."

Arie Nugraha

Pj Gubernur Jabar Minta Porsi Makanan untuk Jemaah Calon Haji Ditambah
Jemaah calon haji mengikuti bimbingan di Gedung Embarkasi Kertajati, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (25/4/2024). (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)

KBR, Bandung - Jemaah calon haji dari Jawa Barat direncanakan berangkat perdana pada 11 Mei 2024 dari embarkasi Bekasi. Sedangkan keberangkatan kedua dilakukan 12 Mei 2024 embarkasi Kertajati.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyebutkan persiapan haji 1445 Hijriah berjalan dengan baik.

Bey meminta penyelenggara haji memberikan keamanan dan kenyamanan pada jemaah calon haji termasuk penyajian makanan di Asrama Bekasi dan Indramayu. Ia meminta porsi makanan ditambah.

"Banyakin makanan, karena ini kan kita antisipasi untuk lansia. Jadi makanan lebih banyak yang lembut dan tidak pedas dan mereka sepakat (Kementerian Agama RI). Dan beberapa seperti minuman jus, jusnya yang lebih sehat seperti apel dan jambu," ujar Bey dalam siaran medianya, Bandung, Kamis (2/5/2025).

Baca juga:


Bey Machmudin akan terus berkoordinasi bersama pengelola Asrama Haji Bekasi dan Indramayu (Kertajati) agar seluruh persiapan keberangkatan jamaah haji sempurna.

Bey memastikan Bandara Kertajati dan Bandara Cengkareng dapat beroperasi melayani penerbangan ke Tanah Suci, karena ada dukungan Pemerintah Pusat.

"(Persiapan keberangkatan haji) sudah sangat baik karena dikawal Pak Sekjen (Kemenag RI). Bandara siap, Kertajati maupun di Cengkareng. Kita optimistis (haji) akan lebih lancar dan kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk persiapan-persiapan lain," kata Bey.

Bey juga meminta masalah air bersih dan lainnya di Asrama Haji dicarikan solusi.

Jika masih belum memenuhi kebutuhan, pihaknya akan membicarakan dengan Bupati Indramayu, karena posisi asrama haji di Indramayu, sementara BIJB ada di Majalengka.

"Insyaallah kami akan komitmen untuk ikut mencari solusi. Seperti dikatakan Pak Sekjen Kemenag, layani para jamaah dengan baik dengan senyum, dan juga tolong dicek dengan detail semua perlengkapan di asrama haji. Bagaimana kondisi kamarnya, AC dan sebagainya. Jangan sampai jemaah kepanasan, karena target kepuasan pelayanan jemaah haji itu 95 persen,” ungkap Bey.

Kuota haji Provinsi Jawa Barat tahun ini mencapai 38.723 orang plus tambahan 1.478 orang.

Bey berharap para jemaah terlayani secara optimal, baik ketika berada di Tanah Air, saat penerbangan, maupun ketika di Arab Saudi. Bey juga sudah menyampaikan tentang hal itu kepada perwakilan dari maskapai penerbangan Saudia Airline.

Editor: Agus Luqman

  • haji 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!