NASIONAL

BPS: Bawang Merah Sumbang Inflasi Terbesar April

""Yang terbesar adalah bawang merah yang memberikan andil inflasi 0,14 persen,” "

Ardhi Ridwansyah

Harga bawang merah melambung
Gerakan Pangan Murah bawang merah di halaman Kantor Kelurahan Kramat Pela, Jakarta, Jumat (03/05/24). (Antara/Sulthony Hasanuddin).

KBR, Jakarta-  Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik, Amalia Adininggar Widyasanti menyebutkan beberapa komoditas pangan yang memberikan andil inflasi di bulan April 2024.

Kata dia, inflasi di bulan April sebesar 0,25 persen, angka tersebut lebih rendah ketimbang Maret 2024, sebesar 0,52 persen. Bawang merah menjadi penyumbang inflasi terbesar di bulan April.

“Walaupun beberapa komoditas menjadi penyumbang deflasi di bulan April 2024, ada beberapa komoditas yang masih memberikan andil inflasi antara lain yang terbesar adalah bawang merah yang memberikan andil inflasi 0,14 persen,” ucap Amalia dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah 2024 dipantau via kanal Youtube Kemendagri RI, Senin (6/5/2024).

Lanjutnya, komoditas pangan lainnya yang memberikan andil inflasi di bulan April 2024 yakni tomat (0,04 persen), bawang putih (0,02 persen) , Ikan segar (0,02 persen), daging ayam ras (0,01 persen), dan minyak goreng (0,01 persen).

Baca juga: 

Selain komoditas pangan, kata Kepala Badan Pusat Statistik, Amalia Adininggar Widyasanti, emas perhiasan juga memberikan andil infalsi sebesar 0,08 persen. Lalu tarif angkutan udara (0,06 persen), tarif angkutan antarkota (0,03 persen), dan sigaret kretek mesin (0,01 persen).

Editor: Rony Sitanggang

  • bawang merah
  • Bapanas
  • Kementan
  • BPS
  • inflasi april 2024

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!